topbella

"Evaluasi" dengan menggunakan -(Tes Portofolio)-

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada dasarnya portofolio sebagai model pembelajaran dan penilaian merupakan usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekpresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya, dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam pekerjannya atau tugas-tuganya.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud portofolio?
2.    Apa kelebihan dan kelemahan portofolio?
3.    Hal-hal apa saja yang harus diperhatikn oleh guru dalam tes portofolio?
4.    Bagaimana contoh  tes portofolio?

C.    Tujuan Penulisan
1.    Untuk mengetahui pengertian portofolio
2.    Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan portofolio
3.    Untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam tes portofolio
4.    Untuk mengetahui contoh tes portofolio

BAB II
KAJIAN TEORI
A.    Pengertian tentang Portofolio
    Secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu  port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannnya (Erman S. A., 2003 dalam Nahadi dan Cartono, 2007).
    Dalam dunia pendidikan  portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan guru atau oleh siswa bersama guru. Portofolio dalam pendidikan adalah bagian dari usaha dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. 
    Ada beberapa macam portofolio, antara lain: (1) Dalam kalangan seniman misalnya, ada portofolio yang berarti kumpulan hasil karya terbaik seorang seniman, yang sengaja diadakan untuk keperluan pameran. (2) Dalam kalangan guru misalnya, ada portofolio yang berarti kumpulan kinerja profesi keguruan, kemasyarakatan, serta kualifikasi yang diperoleh yang bersangkutan, yang sengaja diadakan untuk keperluan sertifikasi profesi sebagai seorang guru. (3) Dalam hal pembelajaran, juga ada yang disebut “model pembelajaran portfolio”. (4) Dalam hal instrumen penilaian, ada disebut “portofolio penilaian” dan sebagainya.
        Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari uasaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.

B.    Kelebihan dan Kelemahan Portofolio
    Penggunaan portofolio sebagai pembelajaran dan sebagai penilaian metode memiliki kekuatan dan kelemahan.
1.    Kekuatannya antara lain :
a.    Dapat menutupi kekurangan proses pembelajaran, yakni dalam mengembangkan sikap teladan sebagai umat muslim.
b.    Mendorong adanya kolaborasi (komunikasi dan hubungan) antar siswa dan antar siswa dan guru.
c.    Memungkinkan guru mengakses kemampuan siswa membuat/menyusun laporan, menulis dan menghasilkan berbagai tugas akademik.
d.    Meningkatkan dan mengembangkan wawasan siswa mengenai isu atau masalah-masalah kemasyarakatan atau lingkungannya, dapat memotivasi adanya rasa peduli atau peka terhadap lingkungan masyarakat dari yang paling dekat hingga ke masalah nasional dan bahkan masalah internasional.
e.    Mendidik siswa memiliki kemampuan merefleksi pengalaman belajarnya, sehingga siswa termotivasi untuk belajar lebih baik dari yang sudah mereka lakukan.
f.    Pengalaman belajar yang tersimpan dalam memorinya akan lebih tahan lama karena telah melakukan serangkaian proses belajar dari mengetahui, memahami diri sendiri, melakukan aktifitas dan belajar bekerjasama dengan rekan-rekannya dalam kebersamaan hidup di masyarakat.
2.    Adapun kelemahannya antara lain :
a.    Menggunakan waktu yang relatif lama
b.    Memerlukan ketekunan, kesabaran dan ketrampilan guru
c.    Memerlukan adanya jaringan komunikasi yang erat antara siswa, guru, sekolah, keluarga, masyarakat dan lembaga/instansi pemerintah maupun swasta.

C.    Hal-hal yang harus diperhatikan guru
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan portofolio siswa, diantaranya:
1.    Asesmen portofolio dilakukan sebagai pengajaran praktik dan mempunyai beberapa standar perencanaan yang kuat, yakni mendorong adanya interaksi antar lingkungan terkait seperti interaksi antar siswa, guru dan masyarakat yang saling melengkapi serta menggambarkan belajar siswa secara mandalam, yang pada akhirnya dapat membantu siswa menjadi sadar untuk meningkatkan dirinya sebagai pembaca dan penulis yang baik.
2.    Guru dapat menggunakan asesmen portofolio untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam mengkonstruksi dan merefleksikan suatu pekerjaan/tugas/karya dengan  mengoleksi atau  mengumpulkan bahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikonstruksi oleh siswa sehingga hasil kontruksi dapat dinilai dan dikomentari guru.
3.     Siswa mengerjakan tugas tugas yang diberikan paling sedikit dua kali. Artinya jika dalam pengerjaan awalnya terdapat kesalahan, maka siswa diberi kesempatan untuk membuat  revisi tugas tersebut. Seorang telah mengerjakan tugas yang sama beberapa kali akan mengetahui bahwa usaha yang dilakukannya cenderung menjadi lebih baik, sejalan dengan perbaikan yang dilakukannya. Hal ini akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa bahwa dia mampu untuk menyelesaikan tugas tugas yang diberikan.
4.    Pengumpulan dan asesmen dilaksanakan berkelanjutan terhadap pekerjaan siswa sebagai fokus sentral kegiatan pembelajarannya.
5.    Portofolio digunakan secara terus menerus bukan hanya dilaksanakan pada akhir periode atau pada waktu waktu tertentu. Portofolio merupakan kegiatan yang mengikutsertakan siswa secara aktif dalam mengumpulkan pekerjaan (dokumen dokumen) mereka untuk menyakinkan supervisor, guru dan orang tua siswa, bahwa sesuatu yang baik telah berlangsung di dalam  kelas.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.
Kelebihan dan Kelemahan Portofolio
Kelebihannya antara lain :
a)    Dapat menutupi kekurangan proses pembelajaran
b)    Mendorong adanya kolaborasi (komunikasi dan hubungan) antar siswa dan antar siswa dan guru.
c)    Memungkinkan guru mengakses kemampuan siswa membuat/menyusun laporan, menulis dan menghasilkan berbagai tugas akademik.
kelemahannya antara lain :
a)    Menggunakan waktu yang relatif lama
b)    Memerlukan ketekunan, kesabaran dan ketrampilan guru
c)    Memerlukan adanya jaringan komunikasi yang erat antara siswa, guru, sekolah, keluarga, masyarakat dan lembaga/instansi pemerintah maupun swasta.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan portofolio siswa, diantaranya:
1)    Asesmen portofolio dilakukan sebagai pengajaran praktik dan mempunyai beberapa standar perencanaan yang kuat.
2)    Guru dapat menggunakan asesmen portofolio untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa
3)    Siswa mengerjakan tugas tugas yang diberikan paling sedikit dua kali.


B.    Saran
Tes portofolio ini tepat diterapkan pada penbelajaran SKI ini. Karena pada meteri pelajaran kelas IX  ini yang dibahas hanya dalam ranah  kagnitif saja. Tapi penggunaan  tes evaluasi tidak hanya menggunakan  tes portofolio saja karena bisa juga menggunalkan tes tertulis ataupun tes lisan aatupun angket. Jadi guru  harus dapat menerapka tes evaluasi sesuai  ranah  yang telah dibahas.



DAFTAR PUSTAKA
•    H. Darsono dan T. Ibrahim, 2009, Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam Jilid 3 untuk Kelas IX Madrasah Tsanawiyah, Solo: PTTiga Serangkai Pustaka Mandiri.
•    Fajar, Arnie, Dra. M,Pd, 2009, Portofolio dalam Pembelajaran IPS, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 9
•    Khoiri, Nur, M.Ag, 2011, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jepara.
•    http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/01/f-portofolio.html



Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk komentarnya baik itu saran, kritik, anjuran dan nasehat dari anda...

Foto saya
Cute abiez, baik hati dan suka menabung, cerewet, Chuby....easy going.